Kamis, 22 November 2012

Sejarah Internet Dunia

Materi TIK kelas XI semester I
.
.
.

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network merupakan contoh jaringan kompter. Secara harafiah, internet ialah rangkaian komputer yan terhubung menghubungkan beberapa rangkaian. Internet adalah sistem komputer umum yang berhubung secar global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

Kata ‘net’ memiliki arti sambungan diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yakni menghubungkan pemakai komputer dari satu negara ke negara lain di seluruh dunia. Media yang digunakan di jaringan ini adalah jaringan telepon.

Internet berawal dari tahun 1960, yaitu dari beberapa jaringan komputer. Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi yang mana berfungsi agar pengguna komputer dapat bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya. Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir.

Setelah itu, dunia pendidikan pun merasa sangaat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer yang diprakarsai oleh lembaga bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet), menghubungkan empat buah komputer yang masing-masing berada di Stanford Reseach Institute (SRI), University California of Los Angeles (UCLA), University Utah Charley Kline dan University California Santa Barbara (UCSB). Pada tahun 1970, internet banyak digunakan di universiatas di Amerika dan berkembang pesat. Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail dan pada tahun 1973, jaringan komputer ARPAnet mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota jaringan ARPAnet. Pada tahun yang sama, VintonCerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yan menjadi cikal bakal pemikiran internet, hal ini dipresentasikan di Universitas Sussex.

Pada tahun 1982, dibentuk transmission control protocol (TCP) dan internet protocol (IP)

Tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau domain name system yang berfungsi sebagai penyeragam alamat di jaringan komputer yang ada.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau internet relay chat. Tahun 1990, Tim Bernes Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lain yang membentuk jaringan itu.

Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman dan virtual shopping mucul di internet.

Tahun 1995, world wide web  (www) menggantikan fungsi FTP untuk sebagian besar lalu lintas data di internet.
.

Dikutip dari LKS TIK kelas XI SMA/MA
penerbit : Mitra Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your comment here :)