Kamis, 29 November 2012

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet


Jaringan internet adalah komunikasi antar computer yang memanfaatkan jaringan telepon, maka jenis data dan tata cara yang digunakan dalam komunikasi antarkomputer yang menggunakan jaringan telepon diperlukan beberapa komponen tambahan. Komponen tambahan tersebut dapat berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Komponen persyaratan tersebut sebagai berikut:


1. Memiliki computer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut:
... PC minimal berprosesor pentium 4
... Monitor super VGA
... RAM 1 GB atau lebih
... Memiliki communication port
... Modem/modem USB
... Mouse
... Multimedia (tergantung aplikasi pelayanan internet)
... Mampu menjalankan sistem operasi windows

2. Berlangganan dengan ISP (Internet Service Provider) atau Online Service
3. Software/program aplikasi (tergantung fasilitas internet yang akan digunakan), misalnya google chrome, mozila, internet explorer

Perangkat keras atau hardware yang menjadi syarat agar dapat mengakses internet dijelaskan dalam uraian sebagai berikut.

  Modem
Perangkat hardware yang harus tersedia untuk melakukan koneksi ke internet adalah modem. Modem atau modulator demodulator berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog dan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke internet, maka modem  akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon untuk kemudian menghubungkan komputer kita dengan ISP, selanjutnya ISP tersebut menghubungkannya dengan dengan internet di seluruh dunia. Pada sisi penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital sehingga komputer penerima dapat membaca sinyal tersebut.
Berdasarkan cara kerja tersebut modem dapat membuat dua buah komputer berkomunikasi satu sama lain melalui kabel telepon. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih modem adalah kecepatannya dalam menghantarkan atau tukar menukar data. Keceptan modem mentransfer data diukur dengan satuan bps (bits per second) atau bit per detik.
Saat ini, umumnya kecepatan transfer data modem yang terdapat di pasaran adalah 14,4 kbps, 33,6 kbps dan 56 kbps. Ini berate modem tersebut dapat mentransfer data sebesar ukuran yang tertatera per kilobit setiap detiknya.
Semakin tinggi angka kbps pada modem, semakin cepat modem tersebut mengirim dan menerima data, berarti semakin baik dan cepat untuk digunakan untuk mengakses internet.
Dalam penggunaannya, modem dibedakan menjadi 3 jenis modem yang memiliki fungsi yitu sebagai berikut:

Modem Dial-up
Biasa digunakan oleh personal computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. Bentuk modem ini dalam keguanaannya untuk jaringan dibedakan menjadi dua jenis modem
1) Modem internal
Modem ini sudah terpasang pada mainboard atau motherboard komputer. Keuntungannya adalah harganya lebih murah namun kelemahannya adalah pemasangannya lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindah-pindahkan dari satu komputer ke komputer lain.
2) Modem eksternal
Modem ini sengaja dipasang di luar komputer, biasanya mempunyai serial port COM 1 atau COM 2. Keuntungannya adalah pemasangan lebih mudah dan penggunaannya dapat dipindah-pindahkan tanpa harus membuka casing CPU, namun harganya jauh lebih mahal.

Apabila dalam komputer anda telah terpasang modem, anda akan melihat line port atau tempat colokan seperti yang biasa terdapat di belakang atau samping pesawat telepon. Line port terdapat di bagian belakang komputer. Kedalamnya, anda dapat memasukkan kabel telepon di ujungnya terdapat konektor.

Modem Kabel
Modem ini biasa menggunakan saluran TV kabel yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dibandingkan dengan modem jenis dial up dam modem ADSL sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet melalui modem kabel ini. Namun, user harus mendaftarkan dahulu ke penyedia jasa TV kabel dan ISP (Internet Service Provider)

Modem ADSL
ADSL merupakan salah satu tipe xDSL teknologi koneksi broadband yang menggunakan line telepon normal. Ide utama teknologi ini adalah untuk memeceh sinyal line telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan user untuk melakukan atau menerima panggilan telepon dan terkoneksi ke internet secara simultan tanpa saling mengganggu.
ADSL bersifat asimetrik karena lebih banyak menggunakan salurannya untuk transmisi downstream ke pengguna dan hanya sebagian kecil yang digunakan untuk menerima informasi dari pengguna.
Sebuah sirkuit ADSL menghubungkan modem ADSL pada masing-masing ujung line telepon twisted pair yang kemudian akan membuat tiga channel informasi sebagai berikut.
a) Channel downstream berkecepatan tinggi
b) Channel duplex berkecepatan sedang
c) Channel plain old telephone service (POTS)
Channel POTS dipisahkan dari modem digital melalui filter sehingga menjamin POTS tidak terinterupsi. Kecepatan channel POTS berada pada range 1,5 sampai 8 Mbps, sedangkan kecepatan duplex berada pada range 16 kbps sampai 1 Mbps.
Dari faktor kecepatan koneksi ADSL memiliki keunggulan dalam hal konektibilitas yang tidak terputus. Tidak ada rentang waktu penantian untuk dapat terhubung ke internet. Panggilan telepon yang masuk selama koneksi internet tidak akan terganggu bugitu

  Line Telepon, Cable TV, ISDN, Satelit, Handphone
Selain modem sebagai perangkat keras yang dapat mengubungkan komputer ke internet, diperlukan line telepon. Selanjutnya, pengguna komputer harus mendaftar ke ISP yang melayani akses dial up misalnya indosat, Telkom dan cbn. Saat ini, dengan line dan modem dial up, kita  tidak diharuskan mendaftar lagi ke ISP, yaitu dengan menggunakan paket telkomnet instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet. Sedangkan untuk jaringan internet lainnya harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP misalnya cbn.net dan indosatnet.
Selain line telepon, untuk akses internet dapat pula melalui TV kabel, modem yang digunakan adalah cable modem. Layanan akses cable modem dapat melalui jaringan TV kabel dengan ISP diantaranya cbn, indosat, linknet, centrin dan mynet
Akses internet satelit dapat pula melalui VSAT (very small aperture terminal). Untuk mengkonfigurasinya, ada tiga komponen utama yang dibutuhkan.
Stasiun HUB
Satelit
Terminal VSAT
Dengan cakupan antenna yang luas, maka Hub akan mentransmisikan sinyal ke satelit dan satelit merelay dan mendistribusikannya dalam cakupan antenna satelit yang kemudian diterima oleh terminal masing-masing pelanggan
.
Selain modem dan line telepon, perangkat yang digunakan untuk memperluas jaringan internet dalam LAN antara lain:

1) Router
Merupakan alat penghubung antara LAN dan internet yang me-rute-kan transmisi antara keduanya.

2) Ethernet Card
Sering juga disebut sebagai kartu jaringan, network adapter, LAN adapter atau NIC (network interface card) adalah sebuah hardware komputer yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer.

3) Hub
Merupakan sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation server atau perangkat lain.


.
.
.
Disadur dari LKS TIK kelas XI SMA
oleh Abidin, S.T
diterbitkan oleh PT. Pratama Mitra Aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your comment here :)